Aspek Penting dalam Bisnis Baju
Era sekarang adalah era teknologi, sistem informasi lebih cepat dijangkau oleh setiap calon konsumen melalui internet. Perkembangan smartphone yang luar biasa menjadikan internet dewasa ini sebagai primadona baik untuk berjualan ataupun menyampaikan informasi kepada semua orang di setiap penjuru indonesia bahkan dunia. Internet dapat menjangkau semua kalangan dengan sangat cepat dan dinamis. Menilik dari hal tersebut yang dapat dikatakan terdapat dua poin penting yang sudah berubah yakni perubahan konsumen dari tradisional menjadi modern, dan perubahan yang kedua adalah tuntutan konsumen itu sendiri akan barang dan jasa yang semakin komplek, para pemasar atau calon pebisnis harus memperhatikan beberapa aspek berikut ini :
Kelompok konsumen yang beragam menjadi faktor penentu sebelum memulai bisnis dan penetrasi bisnis untuk kedepan nya. Untuk bisnis baju rajut, saran saya adalah pilihlah segmen konsumen anak muda dengan usia minimal 17 tahun sampai 27 tahun. Ya karena segmen ini cenderung lebih aktif dan menyukai mode dan hal ini harus menjadi sasaran anda dalam berbinis baju rajut.
Dalam berbisnis, seorang calon pebisnis atau calon owner harus selalu memprioritaskan pelayanan yang optimal dan prima kepada konsumen. Memang benar, bisnis adalah untuk menjadi untung. Tetapi dewasa ini, yang menentukan keuntungan bisa bertahan lama adalah dari pelayanan yang anda berikan. Boleh dibilang pelayanan adalah nomor satu penunjang bisnis. Lebih baik untung sedikit dan banyak pelanggan setia yang setiap saat kembali membeli pada anda, daripada menaikan harga tinggi dengan sedikit konsumen dan belum tentu konsumen tersebut balik lagi kepada anda untuk membeli.
Ingat, yang melakukan bisnis baju bukan anda seorang, tapi ada banyak sekali diluar sana yang menjalani bisnis baju serupa dengan beberapa penawaran dan pelayanan yang beragam. Anda sebagai calon pebisnis harus berbeda dengan mereka dalam memberikan penawaran dan pelayanan. Jangan sampai sama persis, karena konsumen itu sekarang sudah sangat cerdas dalam menilai.
Menetapkan harga jual yang pas merupakan sub poin dalam pelayanan, tetapkan harga satuan dan grosir dengan margin keuntungan yang tidak memberatkan konsumen untuk beralih ke toko saingan anda yang serupa menjual baju. Anda harus jeli dan memberi ruang keleluasaan pada para reseller dan dropship karena mereka akan sangat membantu ekspansi bisnis anda menjadi lebih baik. Rangkul mereka sebanyak banyaknya dengan menetapkan harga jual yang relevan dan memotivasi mereka.
Dan, yang terakhis saya ucapkan selamat mencoba bisnis baju ataupun bisnis lainnya. Ingat, cobalah dan cobalah dari mencoba tersebut anda akan mendapat pengalaman. Saran saya adalah jangan terlalu memikirkan bagaimana kedepan nya jangan banyak berpikir untung rugi dalam berbisnis. Tapi cobalah dan jalani step by step dan bertahap.
Jangan jadi orang yang seperti ini :
Tapi jadilah orang yang seperti ini :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar